Zoom Online Sosialisasi PPKM Kota Banjarmasin


Kamis, 6 Mei 2021 - Kegiatan sosialisasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) ini dilakukan melalui aplikasi Zoom online dari pukul 11.30 WITA. Sekitar 50 orang peserta yang mengikuti sosialisasi ini berasal dari pihak kelurahan, kecamatan, perhotelan, ritel dan warga Banjarmasin lainnya. 



Sosialisasi dan diskusi mengenai PPKM ini dipandu oleh moderator bernama Niky dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Dan Narasumber Sosialisasi ada dua orang yaitu Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin/ Juru Bicara Satgas Covid 19 Kota Banjarmasin dan AKBP Sabana Atmojo Selaku Wakapolresta Kota Banjarmasin.



Dalam diskusi mengenai PPKM ini ada berbagai pertanyaan dari para peserta, salah satunya menanyakan mengenai rumah karantina yang ada di Jl. Perdagangan kenapa tidak difungsikan lagi untuk mengisolasi pasien covid. Hal tersebut ditanggapi oleh Kepala Dinas Kesehatan karena melihat dari proses kesembuhan yang relatif lebih lama dibandingkan dengan di isolasi mandiri dan adanya upaya bunuh diri dari 2 orang pasien maka pemerintah menganjurkan untuk isolasi mandiri dirumah dengan harapan kesembuhan meningkat dan tekanan stres karena sakit berkurang. 

Bagi yang tidak memungkinkan mengisolasikan diri di rumah pemerintah Banjarmasin bekerjasama dengan Pemerintah Banjarbaru yang nantinya akan dibantu untuk diantar ke tempat isolasi yang berada Banjarbaru. Selain itu Kadis Kesehatan ini juga mengatakan jika ada yang ingin melaporkan orang yang tidak taat aturan PPKM ini bisa melaporkan petugas atau melalui aplikasi E-Lapor sehingga bisa ditanggapi.

Wakapolres Kota Banjarmasin berpesan agar kita memiliki kepedulian yang sama antar masyarakat untuk saling mengingatkan misalnya ada yang lupa memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan, sehingga tidak hanya mengandalkan pemerintah saja. Diharapkan dengan adanya kerjasama dari setiap masyarakat ekonomi dapat berjalan dan masyarakat tetap sehat.


Edaran Gubernur Kalimantan Selatan



writer : *nis

uploader : *nis