Vaksinasi Covid-19 Pegawai Kelurahan Belitung Selatan

Rabu, 7 April 2021 - Kelurahan Belitung Selatan mendapatkan giliran vaksinasi pada tanggal 2 Maret 2021 dan 7 April 2021. Setelah suntikan pertama peserta yang divaksinasi akan mendapatkan kabar selanjutnya untuk suntikan kedua. 

Vaksinasi ini pada awal kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Pelambuan Jl. Barito Hulu Kel. Pelambuan Kec. Banjarmasin Barat. Kemudian vaksinasi juga dilaksanakan langsung di wilayah RT Kelurahan Belitung Selatan sehingga dapat mempermudah warga yang menginginkan vaksinasi. 

Kegiatan vaksinasi di wilayah kelurahan Belitung Selatan lebih mengutamakan warga lanjut usia. Hal ini sesuai dengan surat dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin pada 1 Maret 2021 No : 4422 11/2534-P2P/Diskes mengenai pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap ke-2 Termin 1 Bagi Sasaran Lanjut Usia dan Pelayanan Publik. 

Selasa, 2 Maret 2021 - Pelaksanaan Vaksinasi

Pengertian Vaksin

Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

Vaksin COVID-19 yang sudah tiba di Indonesia berisi virus Corona (SARS-CoV-2) yang sudah dimatikan. Dengan mendapatkan vaksin COVID-19, Anda bisa memiliki kekebalan terhadap virus Corona tanpa harus terinfeksi terlebih dahulu.


Manfaat Vaksin Covid-19

1. Menurunkan angka penderita dan kematian akibat Covid-19

2. Mendorong terbentuknya herd immunity

3. Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial


Berikut ini adalah beberapa kelompok yang termasuk prioritas vaksin COVID-19:

- Tenaga kesehatan yang memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi dan menularkan COVID-19

- Orang dengan pekerjaan yang memiliki risiko tinggi tertular dan menularkan COVID-19 karena tidak dapat melakukan jaga jarak secara efektif, seperti anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya

- Orang yang memiliki penyakit penyerta dengan risiko kematian tinggi bila terkena COVID-19, termasuk lansia

Setelah semua kelompok prioritas di atas mendapat vaksin COVID-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok penerima vaksin COVID-19 lainnya, mulai dari penduduk di daerah yang banyak kasus COVID-19 sampai ke seluruh pelosok Indonesia.

Dari fakta-fakta di atas, bisa kita lihat bahwa vaksin COVID-19 membawa banyak manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi banyak orang. Oleh sebab itu, meskipun banyak beredar isu-isu seputar vaksin yang belum jelas kebenarannya, Anda tidak perlu ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi COVID-19.

Selagi menunggu vaksin COVID-19 diedarkan, Anda harus tetap menjalani protokol kesehatan dan sebisa mungkin menghindari bepergian ke luar rumah atau berkumpul dengan orang banyak.

Dokumentasi :

Selasa, 2 Maret 2021 - Pengecekan kondisi tubuh sebelum melakukan vaksinasi


Selasa, 2 Maret 2021 - Pelaksanaan Vaksinasi

Selasa, 2 Maret 2021 - Vaksinasi di Puskesmas Pelambuan

Rabu, 7 April 2021 - Vaksinasi di wilayah RT 29 Kelurahan Belitung Selatan