RAKORBANG (Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Daerah) Kelurahan Belitung Selatan 2021

Selasa, 2 Februari 2021 - bertempat di Aula Kelurahan Belitung Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat telah terlaksana Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Daerah. 

(Foto : dari kiri Bhabinkamtibmas Kel. Belsel, Babinsa Kel. Belsel, Barenlitbangda, Lurah Kel. Belsel, DPRD Bjm Barat, Camat Bjm Barat, Operator )


Kegiatan ini di mulai pukul 10.00 WITA dan dihadiri oleh :
- Anggota DPRD Dapil Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin ( Bapak H. Deddy Sophian, SE)
- Perwakilan dari Kecamatan Banjarmasin Barat (Ibu Camat Hj. Karlina, S.Sos)  
- Perwakilan dari Dinas teknis terkait (PUPR) (Ibu Salasiah)
- Perwakilan Barenlitbangda Kota Banjarmasin (Bapak Muhammad Hazranto)
- Lembaga Disabilitas PPDI
- Dewan Kelurahan, Ketua RW, Ketua RT dan BKM Belitung Selatan


Pengertian Rakorbang Kelurahan Belitung Selatan

(Foto : dari kiri PPDI, PUPR, Bhabinkamtibmas Kel. Belsel, Babinsa Kel. Belsel, Barenlitbangda dan Lurah Kel. Belsel )

Rakorbang Kelurahan adalah forum rapat tahunan masyarakat kelurahan yang dilaksanakan secara parsitipatif oleh para pemangku kepentingan (stakeholders) kelurahan untuk menyepakati rencana kegiatan pembangunan pada tahun anggaran berikutnya.


Tujuan Rakorbang Kelurahan Belitung Selatan

(Foto : Peserta Rakorbang Dewan Kelurahan, Ketua RW, Ketua RT dan BKM Belitung Selatan )


a. Menampung dan membahas usulan kegiatan prioritas kebutuhan masyarakat dari masing-masing RT/RW atau lintas RW antar dua kelurahan yang berbeda. (hasil Rakorbang tahun sebelumnya yang belum tertangani dan mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan pembangunan tahun yang akan datang).

b. Menetapkan usulan kegiatan prioritas kelurahan berdasarkan pengklasifikasian sifat kegiatan (fisik dan non fisik) dan sumber pendanaan (APBD Kota, APBD Provinsi, APBN atau sumber dan lainnya), yang akan diajukan dan dibahas pada forum Musrenbang Kecamatan.

c. Menetapkan wakil/delegasi kelurahan yang akan mengikuti Rakorbang Kecamatan.


Kesimpulan Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Daerah


Ada sekitar 80 usulan yang sudah diusulkan oleh para RT. Dalam kegiatan ini dipilih 5 prioritas usulan yang nantinya akan masuk dalam pra Rakorbang kecamatan banjarmasin barat. Lalu ditingkat kecamatan nanti akan dipilih 10-20 usulan prioritas untuk di masukan ke tingkat Kota.


Dengan adanya musibah banjir besar di Kalimantan Selatan pada bulan januri 2021, maka Camat Banjarmasin Barat dan anggota DPRD berpesan agar kita semua juga memperhatikan aspek yang membuat lancarnya arus sungai yaitu pembuatan drainase jalan.


Kegiatan Rakorbang ini juga dapat dihadiri melalui Zoom Online bagi peserta. Hal ini diperuntukan untuk melakukan sosial distancing dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

Demikianlah pelaksanaan Rakorbang Kelurahan Belitung Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin pada tahun 2021 RKPD Tahun 2022

(*nis) 16/2/2021